Sumbergondo Isi Moment Agustusan dengan Lomba KRPL Tingkat RW

  • Aug 29, 2023
  • Supanji Anggono

Moment Agustusan memang kerap diisi dengan berbagai kegiatan yang meriah maupun event yang bersifat hiburan, begitu juga yang terjadi di Desa Sumbergondo Kec Bumiaji Kota Batu.berbagi kegiatan dilangsungkan dalam mengisi peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 78 ini, tapi di sela-sela kemeriahan tersebut juga dimanfaatkan oleh PEMDES Sumbergondo untuk  mengadakan lomba KRPL tingkat RW yang mana lokasi penempatan tanamannya tersebar di seluruh lingkungan RT yang ada di RW setempat. Dengan beberapa kriteria penilaian yang telah ditentukan, tampak seluruh lingkungan antusias dalam membuat KRPL di lingkungan masing-masing.

Pada lomba hari ini Senin, 28 Agustus 2023 dinilai oleh 3 dewan juri yang masing-masing berasal dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Dinas Lingkungan Hidup Dan dari Kecamatan Bumiaji. dan Berbekal dari kriteria yang ditentukan semua dewan juri mengunjungi semua lokasi KRPL yang ada di masing-masing lingkungan RT yang ada di Desa Sumbergondo. Untuk hasil penilaian akan diumumkan pada besuk tanggal 30 agustus 2023 bertepatan malam resepsi penutupan acara PHBN di Balai Desa Sumbergondo.

Selain ikut memeriahkan hari kemerdekaan , ajang yang diprakarsai PEMDES Sumbergondo ini juga diharapkan menjadi jembatan untuk menuju Desa Sumbergondo menjadi desa yang berstatus mandiri di tahun depan. Lomba Pemanfaatan Pekarangan ini diharapkan bisa memotivasi warga guna meningkatkan pemanfaatan lahan yang ada di halaman rumah untuk pengembangan pangan, dengan Mendorong dan membiasakan masyarakat/keluarga untuk memanfaatkan pekarangan bagi kebutuhan sehari-hari sesuai dengan potensi sumber daya yang ada, maka kedepan juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat/keluarga akan arti pentingnya pemanfaatan pekarangan dalam rangka melengkapi kebutuhan konsumsi pangan/penyediaan pangan sumber protein, vitamin dan mineral yang mereka butuhkan.

Sebagai informasi pengertian dasar dari Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan program pengembangan model rumah pangan yang dibangun dalam suatu kawasan (dusun, desa, kecamatan) dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga melalui penyediaan aneka sayur dan buah serta sumber protein hewani. Disamping itu pembangunan KRPL diharapkan mampu meningkatkan pendapatan keluarga sehingga dapat mengurangi biaya untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan biaya untuk pendidikan. KRPL juga dimaksudkan untuk membudayakan masyarakat mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).