Berbeda, Pemdes Sumbergondo Meriahkan PHBN Kemerdekaan dengan Gerak Jalan Kreasi

  • Aug 27, 2023
  • Supanji Anggono

Bentuk kemeriahan HUT RI ke-78 tahun ini dilakukan oleh Pemerintah Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Berbeda dengan desa lain yang mayoritas di isi dengan sound-sound yang membutuhkan biaya yang tinggi , tapi Pemdes Sumbergondo merayakan dengan kesederhanaan yaitu dengan mengadakan suatu acara berupa lomba gerak jalan kreasi. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Agustus 2023 ini dimulai pukul 09.00 WIB.


Lomba yang berstart di Dusun Tegalsari tersebut diikuti oleh 31 RT dimana setiap regu menampilkan keunikannya masing-masing dengan berbagai kostum, aksesoris, hingga variasi gerakan sesuai dengan kreativitas regu dan aksi yang disertai komedi hingga mengundang gelak tawa warga. Semuanya saling menunjukkan aksinya untuk memperebutkan gelar juara. Dengan 3 Dewan Juri yang berasal dari pihak Kecamatan Bumiaji, Poltekad Batu, dan dari SMKN 01 Batu. penilaian ini didasarkan pada 3 aspek penilan yaitu kesederhanaan, kekompakan, kreativitas dan keunikan.


Acara gerak jalan ini disambut baik oleh warga dan berjalan dengan meriah sehingga perlombaan gerak jalan pada tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Hal tersebut tentu merupakan harapan dari para panitia, PEMDES dan seluruh warga didalam memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia. Inti dari pelaksanaan lomba gerak jalan kreasi di Desa Sumbergondo bukan hanya sekedar suatu kompetisi melainkan bagaimana para peserta dapat membangun kebersamaan dan memaknai nilai-nilai kemerdekaan di setiap tahunnya.


Di akhir acara yang tepatnya pukul 17:00 WIB juga di umumkan 6 pemenang oleh panitia. Untuk juara petama diraih oleh RT 01 RW 01 dengan nama grup Singrejo Original yang ditampilkannya. Disusul oleh RT 02 RW 05 dengan nama grub Ratu Rege dan juara ketiga didapatkan oleh RT 03 RW 01 dengan nama grubnya Gondang gandung. Disusul oleh 3 RT lainnya untuk 3 kategori yang ditentukan. Untuk penyerahan hadiah yang berupa uang pembinaan akan dilaksanakan tanggal 30 Agustus 2023 mendatang bersamaan kegiatan malam resepsi yang bertempat di Balai Desa Sumbergondo.